Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | ISWATUN HASANAH | |
dc.date.accessioned | 2022-05-19T08:33:45Z | |
dc.date.available | 2022-05-19T08:33:45Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-02-18 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1730101056 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200044 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/yGwwPSr5aE4nTaOcNi1D7geyqrVwW8A.pdf | |
dc.description.abstract | ABSTRAK Iswatun Hasanah, NIM 1730101056, Judul skripsi “Problematika dalam Pembelajarn Nahwu dan Sharf untuk Kemampuan Membaca Kitab Kuning Para Santri di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo” Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keustadzahan IAIN Batusangkar, tahun 2022. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah problematika dalam pembelajaran Nahwu dan Sharf untuk di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan problematika yang dihadapi ustadzah dalam pembelajaran Nahwu dan Sharaf di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo dan mendeskripsikan problematika yang dihadapi santri dalam pembelajaran Nahwu dan Sharf di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan field research dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari observasi dan hasil wawancara peneliti dengan ustadzah pengampu mata pelajaran nahwu dan sharf kelas VIII/II Tsanawiyah Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo, serta santri kelas VIII/II Tasanawiyah Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triagulasi. Kemudian teknik analisis deskriptif kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa problematika dalam pembelajaran Nahwu dan Sharf di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Malalo pada kelas VIII/II tsanawiyah itu terdiri dari dua problem, yakni problematika ustadzah dan problematika santri. Problematika ustadzah dititik beratkan pada proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan ustadzah yang difokuskan padaperangkat pmbelajaran yakni ustadzah tidak ada membuat RPP dan bagaimana persiapan materi oleh ustadzah. permasalahan selanjutnya yang muncul pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang difokuskan pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup serta permasalahan pada keiatan evaluasi pembelajaran. Permasalahn juga berasal dari santri itu sendiri yaitu dari internal santri yang terdiri dari faktor intelegensi, minat dan motivasi serta juga faktor eksternal santri yang terdiri dari penggunaan metode oleh ustadzah serta pengaruh dari teman sebaya. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Pendidikan islam | |
dc.subject.ddc | 2x7.3 | |
dc.subject.ddc | 2x7.3 | |
dc.title | PROBLEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN NAHWU DAN SHARAF DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH MALALO | |
dc.type | Skripsi |