Abstract:
ABSTRAK HESTI REFTIA RINI, NIM 15 3007 00010, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI AL-QUR’AN DENGAN MODEL CTL PADA MATERI GETARAN HARMONIS KELAS X MIPA SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Belum bervariasinya bahan ajar atau pendamping bahan ajar merupakan sebuah masalah yang harus ditemukan solusi dan jalan keluarnya. Hal ini juga terjadi di sekolah MAS Thawalib Gunung Padang Panjang. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka peneliti ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran berbentuk bahan ajar modul, karena dalam proses pembelajaran peserta didik jika mendengarkan penjelasan dari pendidik saja kurang efektif, oleh sebab itu dibutuhkan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Peneliti memilih modul karena struktur modul jika dibandingkan dengan jenis bahan ajar lainnya seperti: handout, LKPD, poster, worksheet. Penelitian ini hadir sebagai jawaban dari permasalahan diatas yaitu dengan merancang modul pembelajaran yang mampu membangkitkan minat dan gairah peserta didik dalam pembelajaran yaitu Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Al-Qur’An Dengan Model CTL Pada Materi Getaran Harmonis Kelas X Mipa SMA/MA yang valid dan praktis.. Penelitian ini menggunakan metode jenis Research and Development dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) namun, karena ada keterbatasan waktu maka penelitian pengembangan ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, dan angket. Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Al-Qur’An Dengan Model CTL ini divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen, 1 orang pendidik bidang studi fisika. Pada proses praktikalitas modul pembelajaran fisika terintegrasi al-qur’an dengan model CTL di uji cobakan pada 20 orang siswa kelas X MIPA MAS Thawalib Gunung Padang Panjang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil validasi terhadap Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Al-Qur’An Dengan Model CTL yang dikembangkan untuk kelas X MAS Thawalib Gunung Padang Panjang adalah sangat valid dengan persentase sebesar 86,7%. (2) Hasil uji coba terhadap praktikalitas Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Al-Qur’An Dengan Model CTL yang telah dikembangkan menunjukan hasil praktikalitas pendidik yaitu 82,7% dan praktikalitas peserta didik 79,6% dengan kategori sangat praktis dan praktis yang berarti bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.