Abstract:
Noni Gusrilita, NIM : 1730111038, Judul Skripsi “Keterampilan Bertanya Guru dalam Proses Pembelajaran di Kelas IV SDN 01 Lubuak Batingkok Kecamatan Harau”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah untuk mengungkap kelengkapan komponen keterampilan bertanya guru dan penerapan keterampilan bertanya guru dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 01 Lubuak Batingkok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelengkapan komponen keterampilan bertanya guru dan penerapan keterampilan bertanya guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun yang menjadi instrumen kunci pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, namun disamping peneliti sebagai instrumen kunci peneliti juga mengembangkan instrumen penelitian sederhana yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar guru telah menerapkan keterampilan bertanya pada proses pembelajaran, tetapi ada beberapa indikator yang kurang dilakukan dalam penerapan keterampilan bertanya yaitu indikator mengusahakan siswa tidak serempak menjawab pertanyaan. Adapun dilihat dari kelengkapan komponen keterampilan bertanya guru pada proses pembelajaran, guru telah menggunakan komponen keterampilan bertanya dalam proses pembelajaran. Tetapi ada beberapa indikator yang kurang terlihat yaitu indikator mengusahakan siswa tidak serempak menjawab pertanyaan dan juga indikator peningkatan terjadinya interaksi.