Abstract:
Soni Antrida Yursal, NIM. 1630107036, Judul Skripsi: “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING PADA MATERI GERAK PADA BENDA KELAS VIII MTs IBBADURRAHMAN”. Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Belum bervariasinya bahan ajar atau pendamping bahan ajar merupakan sebuah masalah yang harus ditemukan solusi dan jalan keluarnya. Hal ini juga terjadi di sekolah MTs Ibbadurrahman Lolo. Peserta didik kesulitan dalam belajar fisika dimana mereka hanya mempunyai sumber belajar berupa buku paket yang tersedia diperpustakaan. Buku paket ini cenderung sulit untuk dipahami. Selain itu peserta didik juga memperoleh materi pembelajaran dan soal-soal melalui internet. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu peserta didik kurang tertarik untuk belajar fisika. Selain itu, sistem pembelajaran yang masih bersifat teacher center dan peserta didik yang bersifat pasif. Sistem ini tentunya belum memenuhi tujuan kurikulum 2013 yang mengharapkan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini hadir sebagai jawaban dari permasalahan di atas. Penelitian ini merancang LKPD elektronik berbasis model pembelajaran Circuit Learning dengan memuat materi Gerak Pada Benda untuk kelas VIII SMP/MTs. Diharapkan LKPD yang dikembangkan valid dan praktissehingga mampu membangkitkan minat dan gairah peserta didik dalam pembelajaran. LKPD elektronik berbasis model pembelajaran Circuit Learning ini memuat langkah-langkah pembelajaran diantaranya Focus, Adding dan Repitation. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) namun, karena ada keterbatasan waktu maka penelitian pengembangan ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan) dan tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, dan angket. LKPD elektronik berbasis model pembelajaran Circuit Learning ini divalidasi oleh 3 orang validator yaitu 2 orang dosen fisika, 1 orang orang guru bidang studi fisika. Pada proses praktikalitas LKPD elektronik berbasis model pembelajaran Circuit Learning di uji cobakan pada 27 orang siswa kelas VIII MTs Ibbadurrahman Lolo. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil validasi terhadap LKPD elektronik berbasis model pembelajaran Circuit Learning yang dikembangkan untuk kelas VIII MTs Ibbadurrahman Lolo adalah sangat valid dengan persentase sebesar 85,58%. (2) Hasil uji coba terhadap praktikalitas LKPD elektronik berbasis model pembelajaran Circuit Learning yang telah dikembangkan menunjukan hasil praktikalitas guru yaitu 87,50% dan praktikalitas siswa 84,97% dengan kategori sangat praktis yang berarti bahwa telah memenuhi kriteria praktikalitas yaitu dapat digunakan dalam proses pembelajaran.