Publikasi IAIN Batusangkar

Analisis Kesulitan Menghafal Al-Qur'an Pada Siswa Di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author RANI HELNA PUTRI
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:33:57Z
dc.date.available 2022-05-19T08:33:57Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-18
dc.identifier.isbn NIM:1730111045
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200069
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJWgBapIJgK4%2FYBPyFyl542GRmDq5JmjxhTzxxEbjyraHzRjSYMN0CZcJ2s7wxXCTxOan7T5RC8zdvEDaiRkSXL4IQz5QJB7mCoBS6Fgy16KcGzxdbkyK7lbL9YOt3f7frKZc%2BNP7cjentcERD%2BTTazC4siNqKbv%2Bs%3D
dc.description.abstract RANI HELNA PUTRI, NIM. 1730111045, Judul Skripsi: “Analisis Kesulitan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtadaiyah Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2022. Permasalahan dalam penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya siswa di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat yang belum mencapai target hafalan Al-Qur‟an yang diberikan oleh sekolah. Target yang diberikan oleh sekolah yaitu 1 juz diselesaikan di kelas rendah (kelas 1,2 dan 3) dan 1 juz diselesaikan di kelas tinggi (kelas 4,5 dan 6). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan menghafal Al-Qur‟an pada siswa di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat serta bagaimana solusi terhadap permasalahan kesulitan menghafal tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau feald reseacrh dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru tahfidz. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknuk wawancara mendalam dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Faktor Internal kesulitan menghafal Al-Quran yang dialami siswa di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat yaitu perasaan malas yang timbul karena banyaknya kegiatan siswa di luar jam sekolah, tingkat kemampuan siswa yang berbeda sehingga tidak semua siswa mencapai target yang diberikan oleh sekolah, adanya perasaan bosan ketika menghafal karena ayat yang dihafal susah melekat diingatan, dan banyaknya siswa yang belum memahami makhrijul huruf sehingga sulit membaca dan menghafal Al-Qur‟an. 2) Faktor eksternal kesulitan menghafal Al-Quran yang dialami siswa di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat yaitu siswa yang tidak bisa memanajemen waktu dengan baik sehingga siswa kewalahan dalam membagi waktu, adanya pengaruh handphone yang mengakibatkan siswa lalai dalam menghafal Al-Qur‟an. Kata kunci: Kesulitan Menghafal Al-Qur’an, Siswa SD
dc.format Text
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject metode belajar
dc.subject.ddc 371.36
dc.subject.ddc 371.36
dc.title Analisis Kesulitan Menghafal Al-Qur'an Pada Siswa Di SDIT Cahaya Makkah Kabupaten Pasaman Barat
dc.type Karya Ilmiah


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku