Abstract:
Gusti Latifa, NIM 1730111022. Judul Skripsi “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Pembelajaran Hidup Rukun Di sekolah Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan IImu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pembimbing utama: Nina Suzanne,M.Pd dan Pembimbing Pendamping: Zulhendri, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat membaca siswa kelas II sekolah dasar, serta kurangnya media buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan siswa terhadap buku cerita bergambar,untuk mengetahui validitas buku cerita bergambar,untuk mengetahui pratikalitas dari buku cerita bergambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development dengan dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Model peneliti yang digunakan ada 4D tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pertama Tahap Define, tahap ini adalah tahap mendefenisikan kebutuhan siswa melalui hasil observasi dan wawancara. Tahap kedua,Tahap Design adalah tahap perancangan produk buku cerita bergambar. Sedangkan tahap ketiga, Tahap Development ini adalah tahap dimana peneliti menghasilkan produk buku cerita bergambar yang diuji validitasnya oleh beberapa validator untuk memastikan produk ini bisa digunakan dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Setelah buku cerita bergambar valid dan bisa digunakan untuk siswa tahap selanjutnya Tahap Desseminate dimana buku cerita bergambar ini diuji coba pada siswa melalui kelompok kecil dengan membagikan buku cerita bergambar kepada siswa. Berdasarkan hasil validasi dari produk buku cerita bergambar sangat valid dengan rata-rata 88.2% sehingga dikatakan bahwa buku cerita bergambar sudah bisa digunakan kepada siswa untuk meningkatkan minat membaca.Sedangkan respon guru terhadap praktikalitas buku cerita bergambar ketegori sangat praktis dengan rata-rata 95%. Adapun hasil angket respon siswa terhadap praktikalitas buku cerita bergambar ketegori sangat praktis dengan rata-rata 88.8%. Penilaian terhadap minat baca dengan buku cerita bergambar adalah 96.9% dengan krateria sangat tinggi