Abstract:
YOHANNA. NIM. 1630107043, Judul Skripsi : “PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X MIPA DI SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Batusangkar 2022. Keterbatasan bahan ajar yang dipakai dalam pembelajaran fisika salah satu jadi penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik dimana guru hanya mengandalkan buku paket yang terbatas di perpustakaan. Metode ceramah yang digunakan dalam penyampaian materi mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk melibatkan peserta didik secara aktif dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Hal tersebut menjadi latar belakang dilakukannya penelitian pengembangan LKPD elektronik berbasis CLIS (Children Learning In Sience) pada materi hukum newton guna menambah minat belajar peserta didik, berpikir lebih kritis dan belajar aktif dengan mengemukakan gagasan pribadi peserta didik dan dapat belajar secara mandiri dirumah dengan LKPD elektronik yang dirancang dengan menarik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D ( define, design, develop and disseminate). Penelitian ini hanya dilakukan terbatas pada tahap develop dari validasi hingga efektivitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tahap validasi LKPD elektronik berbasis CLIS oleh para ahli, yang terdiri dari 3 orang validator yaitu 2 orang dosen dan 1 orang guru bidang studi Fisika. Sedangkan pada proses praktikalitas LKPD elektronik berbasis CLIS dilakukan uji coba terbatas pada 16 orang peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN Sungayang. Selanjutnya diberikan angket respon peserta didik dan angket respon guru untuk mengetahui keterpakaian LKPD elektronik yang telah dikembangkan. Terakhir tahap efektivitas membandingkan hasil belajar peserta didik antara pretest dan posttest (sebelum dan sesudah diberikan perlakuan). Dari Hasil penelitian disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis CLIS pada materi Hukum Newton dapat digunakan dengan hasil persentase 88,36 % kategori sangat valid yang dilakukan oleh ketiga validator, dan praktis digunakan dengan persentase 82,8% praktikalitas oleh guru dan 87,30% praktikalitas oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan N-gain 0,56 kategori cukup efektif.