Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan e-modul matematika berbasis masalah kontekstual terintegrasi nilai-nilai kesilaman kelas VIII di SMP IT Qurrata A'yun Sungayang

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author WINDA SARI
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:34:12Z
dc.date.available 2022-05-19T08:34:12Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-18
dc.identifier.isbn NIM:1730105051
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200235
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/SMkkObHXjviJkhtAJMOHzyfY4F1LUhDf.pdf
dc.description.abstract Winda Sari. NIM 1730105051. Judul Skripsi: “Pengembangan E-modul Berbasis Masalah Kontektual Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Kelas VIII Di SMP IT Qurrata A’yun Sungayang”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah sumber belajar yang ada belum sesuai dengan tuntutan visi misi sekolah tersebut. Untuk itu, maka perlu sumber belajar yang dapat menunjang visimisi sekolah dan memudahkan peserta didik memahami materi pembelajaran sehingga peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengahasilkan produk berupa e-modul berbasis masalah kontekstual terintegrasi nilai-nilai keislaman yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau research and development (P&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. penelitian ini hanya mengembangkan 3-D, karena keterbatasan waktu dan biaya, yaitu tahap pendefinian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop). Instrumen ini terdiri dari lembar validasi, angket respon peserta didik dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas, analisis praktikalitas, dan analisis efektifitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian dihasilkam (1) E-modul berbasis masalah kontekstual terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan materi pola bilangan yang dirancang telah valid dengan hasil validitas 73,19% dengan kategori valid. (2) sementara hasil praktikalitas yaitu 83.3% dengan kategori sangat praktis. (3) efektifitas dengan pesentase 75% dengan kategori baik dan hasil angket respon peserta dalam kategori senang, kebaruan, berminat terhadap e-modul lebih besar dari 80%.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject matematika
dc.subject.ddc 510
dc.subject.ddc 510
dc.title Pengembangan e-modul matematika berbasis masalah kontekstual terintegrasi nilai-nilai kesilaman kelas VIII di SMP IT Qurrata A'yun Sungayang
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku