Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | CESICA ANGELA | |
dc.date.accessioned | 2022-05-19T08:34:15Z | |
dc.date.available | 2022-05-19T08:34:15Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-02-18 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1730107004 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200185 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/qzbreIzf0KM3TmpWae6DfNI2auUawjMk.pdf | |
dc.description.abstract | CESICA ANGELA NIM. 1730107004. Judul Skripsi: ” PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) Tahun 2022. Penelitian ini bertitik tolak pada masuknya virus corona (COVID-19) ke Indonesia yang menyebabkan proses pembelajaran yang terhambat dan tidak maksimal. Sehingga membuat proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, dan menyebabkan peserta didik sulit mengerti dengan materi yang akan dipelajari, sehingga membuat kurang efektifnya proses pembelajaran. Maka sangat penting dikembangkan video pembelajaran menggunakan adobe after effect berbasis PBL berbantuan modul agar peserta didik dapat mengaitkan materi fisika dengan kehidupan nyata agar memahami konsep pembelajaran dan bisa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan gerak lurus. Hal ini lebih mudah diterapkan karena menggunakan teknologi smartphone dan tidak membutuhkan biaya besar. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran menggunakan adobe after effect berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan Modul pembelajaran fisika pada materi gerak lurus kelas X SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D (define, design, develop, disseminate) . Media pembelajaran ini akan dilakukan uji coba terbatas pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 1 Sungayang. Hasil validasi pada video pembelajaran menggunakan adobe after effect berbasis problem based learning (PBL) oleh ahli media sebesar 79% dan oleh ahli materi sebesar 77%. Artinya dapat dikatakan video pembelajaran menggunakan adobe after effect problem based learning (PBL) telah valid. Tahap praktikalitas video pembelajaran dikatakan praktis oleh guru dengan persentase 79% dan sangat praktis oleh peserta didik dengan 87%. Modul yang merupakan alat bantu video pembelajaran juga divalidasi, ahli media menganggap sangat valid dengan persentase 83% sedangkan ahli materi mengatakan valid senilai 80%. Pada tahap praktikalitas modul berbasis problem based learning dikatakan sangat praktis oleh guru dan peserta didik dengan persentase berturut-turut 87% dan 90%. Selanjutnya media pembelajaran ini bisa dikatakan efektif setelah dilakukan tes kepada peserta didik dengan nilai N-gain= 0,77 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran menggunakan menggunakan adobe after effect berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan modul telah valid, praktis serta efektif digunakan. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Fisika | |
dc.subject.ddc | 530.07 | |
dc.subject.ddc | 530.07 | |
dc.title | PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X SMA/MA | |
dc.type | Skripsi |