Abstract:
Halimatus sa’diah, NIM. 1730111023 Judul Skripsi “Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Animasi Stop Motion Berbasis Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD IT Darul Azzam Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran di masa covid’19. Kurang bervariasi dan kurang relevannya media pembelajaran yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut diperlukan pengembangan video pembelajaran dengan animasi stop motion berbasis kinemaster yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana validitas video pembelajaran dengan animasi stop motion berbasis kinemaster pada pembelajaran tematik kelas IV di SD IT Darul Azzam kecamatan rao kabupaten pasaman? 2) Bagaimana praktikalitas video pembelajaran dengan animasi stop motion berbasis kinemaster pada pembelajaran tematik kelas IV di SD IT Darul Azzam kecamatan rao kabupaten pasaman? Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui kevalidan video pembelajaran dengan animasi stop motion berbasis kinemaster pada pembelajaran tematik kelas IV di SD IT Darul Azzam kecamatan rao kabupaten pasaman. 2) Untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran dengan animasi stop motion berbasis kinemaster pada pembelajaran tematik kelas IV di SD IT Darul Azzam kecamatan rao kabupaten pasaman. Metode penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan model 4-D. Penelitian ini melalui tahapan pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (development). Tahap penyebaran (disseminate) tidak digunakan karena keterbatasan dana dan waktu. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD IT Darul Azzam. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi video pembelajaran dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa video pembelajaran dengan animasi stop motion pada pembelajaran tematik yang dikembangkan dinyatakan telah valid dan praktis. Berdasarkan penilaian para ahli diperoleh 83,8 % yang termasuk kategori sangat valid. Lembar angket respon guru 86,5 % dengan kategori sangat praktis. Lembar angket respon siswa 89,4 % dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah video pembelajaran dengan animasi stop motion berbasis kinemaster pada pembelajaran tematik dinyatakan telah valid dan praktis dikelas IV SD IT Darul Azzam Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Hal ini membuktikan bahwa video pembelajaran dengan animasi stop motion dapat digunakan sebagai media pembelajaran disemester 1 pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi pembelajaran ke 4 disekolah tersebut.