Abstract:
Aulia Yunita. NIM 18 301 050 08. Judul Skripsi: “Pengembangan E-Modul Integratif Berbasis HOTS Terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di MAN 2 Tanah Datar pada Materi Transformasi Geometri”. Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini ialah sumber belajar yang digunakan di MAN 2 Tanah Datar masih kurang memadai untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih kurang baik terhadap soal-soal HOTS. Tujuan dilakukan penelitian ini ialah untuk mengembangkan e-modul Integratif berbasis HOTS yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan untuk memperdalam kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik di MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian yang dilakukan ialah penelitian pengembangan atau R&D (Riserch and Development) dengan menggunakan metode 4D untuk mendapatkan produk e-modul Integratif berbasis HOTS yang valid dan praktis. Instrument yang digunakan ialah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan uji validitas terhadap produk e-modul Integratif berbasis HOTS dan instrument serta melakukan uji praktikalitas produk e-modul Integratif berbasis HOTS. Subjek penelitian berjumlah 20 orang peserta didik kelas XI IPA MAN 2 Tanah Datar. Hasil penelitian yang didapat dari lapangan yaitu uji validitas dinyatakan bahwa produk e-modul Integratif berbasis HOTS valid dengan rata-rata 73,5%. Dan berdasarkan uji praktikalitas produk e-modul Integratif berbasis HOTS dinyatakan praktis dengan rata-rata 78%. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul Integratif berbasis HOTS layak digunakan karena sudah memenuhi standar pengembangan suatu produk pembelajaran.