Abstract:
Negal Neglassari. NIM, 1730105033 judul SKRIPSI “ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS”. Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Dalam menyelesaikan masalah matematis setiap siswa memiliki kemampuan penalaran adaptif yang beragam. Oleh karna itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan masalah matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 4 orang siswa kelas XI di SMA Intensive Nurul Ikhlas yang terdiri dari 1 orang siswa dengan kemampuan penalaran adaptif tinggi, 1 orang dengan kemampuan penalaran adaptif sedang, 1 orang dengan kemampuan penalaran adaptif rendah dan 1 orang dengan kemampuan penalaran adaptif sangat rendah. Penentuan subjek yang akan dipilih diambil menggunakan instrumen lembar tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA Pi di SMA Nurul Ikhlas memiliki kemampuan penalaran adaptif yang berbeda dalam menyelesaikan masalah matematis. Siswa dengan kemampuan penalaran adaptif tinggi dapat memenuhi 4 indikator penalaran adaptif yaitu memberikan alasan atau bukti dari jawaban, menemukan pola suatu gejala matematis, menarik kesimpulan suatu pernyataan dan memeriksa kesahihan atau kebenaran jawaban. Untuk Siswa dengan kemampuan penalaran adaptif sedang dapat memenuhi 3 indikator penalaran adaptif yaitu memberikan alasan atau bukti dari jawaban, menemukan pola suatu gejala matematis, dan menarik kesimpulan suatu pernyataan. Siswa dengan kemampuan penalaran adaptif rendah dapat memenuhi 2 indikator penalaran adaptif yaitu memberikan alasan atau bukti dari jawaban, dan menarik kesimpulan. Terakhir untuk Siswa dengan kemampuan penalaran adaptif sangat rendah hanya dapat memenuhi 1 indikator penalaran adaptif yaitu memberikan alasan atau bukti dari jawaban. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran adaptif yang kurang atau rendah disebabakan karena siswa mengalami kesalahan dalam memahami soal atau masalah yang diberikan, sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang ada.