Abstract:
Sofia, NIM 1830111069 judul skripsi “Pengembangan E-Modul PAI Terintegrasi Nilai Moderasi Beragama untuk Siswa Kelas IV (di Sekolah Dasar Islam Terpadu Madani Islamic School)” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Jumlah halaman skripsi ini adalah 75 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan e-modul PAI di tingkat sekolah dasar yang diketahui melalui penelitian awal. Hal terebut menjelaskan bahwa e-modul dibutuhkan karena masih kurangnya sumber tambahan (buku) pada mata pelajaran PAI, serta sumber utama yang tersedia juga masih terlihat monoton. Selain itu, hal yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah adanya urgensi untuk penanaman nilai moderasi beragama. Hal yang mendasari ini adalah adanya kasus moderasi beragama yang terjadi sehingga perlunya penanaman nilai moderasi beragama sejak dini untuk meminimalisir terjadinya kasus tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) atau yang sering disebut R&D, yaitu penelitian yang menghasilkan sebuah produk. Prosuk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah berupa e-modul PAI terintegrasi nilai moderasi beragama yang mencakup indikator tolerasnsi dan anti kekerasan. Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D dengan tahap pengembangan difine, design, develop, dan disseminate. Namun pada penelitian kali ini hanya sampai pada tahap develop. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa kevalidan e-modul PAI terintegrasi nilai moderasi beragama untuk siswa kelas IV pada materi Mari Berperilaku Terpuji adalah sebesar 86,1% dengan kategori sangat valid. Hal ini menjelaskan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki kelayakan kegrafikan, kebahasaan, serta materi yang sesuai dengan kebutuhan bahan ajar untuk siswa Sekolah Dasar kelas IV. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh peserta didik adalah sebesar 82,6% dengan kategori praktis dan uji praktikalitas oleh guru sebesar 78,3% dengan kategori praktis. Hasil praktikalitas ini menjelaskan bahwa e-modul yang dikembangkan menarik minat siswa dalam belajar, hal ini dikarenakan adanya penggunaan warna, gambar, video, serta kuis yang menarik bagi siswa.