Abstract:
Yulied Eka Wanaprawira, NIM. 15 300 100 120, Judul Skripsi: Penggunaan Media Strip Story Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP N 5 Kota Solok, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di sekolah bahwa nilai rata rata ujian tengah semester siswa masih ada sebagian siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan penggunaan media Strip Story dalam proses pembelajaran. Karena saat pembelajaran peneliti melihat siswa/i banyak yang tertidur, tidak memperhatikan dan asik dengan dunianya masing-masing, jadi oleh karena itu peneliti bisa menerapkan media strip story ini karena media ini dapat merangsang daya pikir siswa satu persatu sehingga semuanya dapat berfikir dan tidak akan ada yang tidur, bermain, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI yang diajarkan dengan menggunakan media strip story. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar PAI siswa yang menggunakan media strip story lebih baik dari pada hasil belajar PAI siswa yang menerapkan metode ceramah, buku dan papan tulis saja pada siswa kelas VIII di SMP N 5 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian berupa randomized control group posttest only design. Populasi terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 125 orang. Dari hasil perhitungan statistik didapatkan populasi berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling dengan mengacak lokalnya dan diperoleh jumlah sampel yang diteliti sebanyak 63 orang siswa yakni 32 orang siswa kelas eksperimen 31 orang siswa kelas kontrol. Hasil penelitian, menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan prestasi siswa, hasil belajar pada kelas eksperimen adalah 84.09 sedangkan pada kelas kontrol 75.25 dari uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel, dan karena thitung> ttabel (6.60> 2.00) maka dapat dikemukakan bahwa: ”Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan media Strip Story lebih baik daripada hasil belajar PAI siswa dengan tidak menggunakan media strip story.