Abstract:
Nurleli Ismeli NIM 15 300 069, Takmir Mushalla Dalam Meningktkan Pendidikan Pada Masa Covid Dimusshalla Nururul Hamdi Batusangkar Tanah Datar, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (Iain) Batusangkar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Takmir Mushalla untuk meningkatkan pendidikan pada masa covid. Mushalla Nurul Hamdi merupakan Mushalla yang ada di Kubu Rajo Lima Kaum. Mushalla Nurul Hamdi memiliki beberapa kegiatan yang menjadikan mushalla tersebut banyak diMinati salah satunya wirid yasinan yang berkualitas, Lembaga Pendidikan Qu”ran (LPQ) yang berkualitas, dan Tahfidz Al-Qur”an yang berkualitas. Upaya pengurus takmir mushalla Nurul Hamdi Batusangkar sangat berperan untuk meningkatkan pendidikan diMushalla Nurul Hamdi walaupun dalam pandemi meningkatkan kualitas pendidikan seperti program tahfiz al-qu” ran dan wirid yasinan sekali seminggu. program wirid pengajian sekali sebulan Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah diantaranya: bagaimana upaya pengurus takmir Mushalla dalam meningkatkan kualitas pendidikan diMushalla Nurul Hamdi Batusangkar dan apa saja Kendala – kendala yang ada pada masa pandemi Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena dilihat dari jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif karna prosedur penelitianyang menggunakan menghasilkan data deskriptif berupa kata kata tertulis atau lisan orang orang dan prilaku yang dapat diamati (meleong,2012:4) Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat beberapa kegitan yang telah berjalan dengan baik diMushalla Nurul Hamdi Batusangkar diantaranya Wirid Pengajian sekali sebulan LembagaPendidikan Qur”an yang berkualitas, dan Tahfidz Al-Qur‟an yang berkualiatas. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran takmir Mushalla Nurul Hamdi Batusangkar telah berjalan dengan baik, Namun masih ada kendala kendala yang terdapat di Mushalla Nurul Hamdi.Mushalla Nurul Hamdiakan selalu meningkatkan program agar menjadi lebih baik lagi dan berkualitas.