Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyampaian dan penyajian materi dalam pembelajaran Fiqih masih secara konvensional dan terkesan monoton. Siswa hanya mendengarkan ceramah dari guru dengan menggunakan media seadanya seperti papan tulis dan spidol. Hal ini berimbas pada minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah, khususnya pada pembelajaran Fiqih. Hal inilah yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan media presentasi menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan pratikalitas dari media presentasi menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada mata pelajaran Fiqih. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, and disseminate). Namun dalam hal ini, peneliti hanya menggunakan 3 tahap saja, yaitu tahap define (pendefenisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Media presentasi menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada mata pelajaran Fiqih ini dilakukan uji coba terbatas pada siswa kelas X IPA 2 MAN Lima Puluh Kota. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari media presentasi menggunakan aplikasi Articulate Storyline dengan rata-rata indeks Aiken V adalah sebesar 0,85 dan dalam hal tersebut dikategorikan sangat valid. Sedangkan untuk hasil pratikalitas media presentasi menggunakan aplikasi Articulate Storyline memperoleh rata-rata sebesar 92,71% dan dalam hal ini dikategorikan sangat praktis. Dengan kata lain, media presentasi yang dikembangkan menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada mata pelajaran Fiqih sangat praktis digunakan dalam pembelajaran.