Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | DINO ANDIKA PUTRA | |
dc.date.accessioned | 2022-05-19T08:35:04Z | |
dc.date.available | 2022-05-19T08:35:04Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-02-17 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1730107006 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200182 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/YhyLQXHdaM2aIUx0kE1tMXRvpi1qfH1.pdf | |
dc.description.abstract | Penelitian ini didasari oleh penyebaran virus covid-19 yang mewajibkan peserta didik belajar dirumah untuk mengikuti proses pembelajaran. Permasalahan ini ditambah lagi dengan menurunnya minat belajar peserta didik, yang cenderung tidak semangat dan tidak serius terhadap belajar karena sumber ajar yang digunakan tidak memadai dan mencukupi. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan dalam mempelajari serta memahami materi pembelajaran yang diberikan pendidik. E-modul fisika berintegrasi Al-Quran dengan langkah REACT diyakini mampu meningkatkan kualitas belajar peserta didik. E-modul memiliki langkah yang bisa menuntun peserta didik untuk belajar secara mandiri dalam memahami dan mempelajari materi pembelajaran. Hal ini mendasari pentingnya untuk mengembangkan e-modul berintegrasi Al-Quran dengan langkah REACT agar minat dan keinginan peserta didik meningkat pada saat pembelajaran. Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah 4-D, yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini yang peneliti hanya melaksanakan 3 tahapan saja yaitu define, design, dan develop, sedangkan tahap disseminate tidak dilaksanakan dikarenakan waktu dan dana yang terbatas. Pada penelitian ini peneliti menggunakan instrumen validasi berupa validasi e-modul melalui ahli materi dan media yang terdiri dari 2 orang dosen dan 1 orang guru. Instrumen praktikalitas berupa angket respon pendidik dan peserta didik yang diuji cobakan pada 29 orang peserta didik dan 2 orang pendidik. Dari analisa data penelitian yang telah dilaksanakan, hasil yang diperoleh untuk validasi e-modul berdasarkan ahli materi adalah 82,28 % (kategori Sangat Valid), berdasarkan ahli media diperoleh nilai 79,82 % (kategori Valid). Untuk praktikalitas e-modul berdasarkan angket respon pendidik dan peserta didik diperoleh nilai berturut-turut yaitu 97,39 % (kategori Sangat Praktis) dan 84,32 % (kategori Praktis). Hal ini berarti bahwa Pengembangan E-modul Hukum Newton Berintegrasi AL-Qur’an dengan Pendekatan REACT menggunakan Flipbuilder App telah Valid dan Praktis. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Fisika | |
dc.subject.ddc | 530 | |
dc.subject.ddc | 530 | |
dc.title | PENGEMBANGAN E-MODUL HUKUM NEWTON BERINTEGRASI AL-QUR’AN BERBASIS REACT MENGGUNAKAN FLIPBUILDER APP PADA KELAS X MAN 2 TANAH DATAR | |
dc.type | Skripsi |