Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author DEWI CHAIRANI
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:35:13Z
dc.date.available 2022-05-19T08:35:13Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-17
dc.identifier.isbn NIM:1730108012
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200150
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/P2aCF4FcotrYw5IZWJaJQWNNLNpFDV.pdf
dc.description.abstract Dewi Chairani, NIM 1730108012, judul Skripsi: “Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah tingkat kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat berada pada kategori sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimen dan jenis desain yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 179 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 12 orang dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen dengan menggunakan skala kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat model likert. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yang berarti hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan adanya pengaruh signifikan bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat diterima dan hipotesis nihil (H0) yang menyatakan tidak adanya pengaruh signifikan bimbingan kelompok terhadap kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat ditolak. Bimbingan kelompok berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat diterima pada taraf signifikan 5%. Peningkatan yang lebih signifikan berada pada aspek berani mengungkapkan pendapat, namun peningkatan pada tiga aspek mampu mengemukakan pendapat secara analitis, mampu mengemukakan pendapat secara logis dan mampu mengemukakan pendapat secara kreatif berada pada kategori rendah.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku