Abstract:
ABSTRAK Ridho Illahi. Nim 17 301 08 062 (2022). Judul skripsi: “Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Konformitas Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Kelas XII BDP 1 SMK N 1 Sijunjung”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan yang banyak terjadi di SMK N 1 Sijunjung yaitu dalam perilaku membolos siswa terutama di kelas XII BDP 1. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku membolos sehingga dalam penanganannya, diperlukan peranan guru BK salah satunya dalam bentuk pemberian layanan bimbingan kelompok berbasis konformitas. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk melihat ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok berbasis konformitas dalam mengurangi perilaku membolos siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII BDP yang berjumlah 46 orang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. sehingga diperoleh sampel sebanyak 22 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian angket/kuesioner yang terlebih dahulu divalidasi oleh pakar. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan hasil analisis Wilcoxon Signed Ranks Test di atas, didapatkan nilai Z yaitu -3.385, dengan sig. 0.001 0.05, yang berarti tolak Ho dan terima Ha. Hal ini bermakna, terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perilaku membolos siswa sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok berbasis konformitas. Sebagai pembanding, pada uji-t dapatkan nilai t yaitu 4.210 dengan sig. 0.00 0.05 yang berarti juga tolak Ho dan terima Ha. Hal ini bermakna terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perilaku membolos siswa sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok berbasis konformitas. Meskipun kesimpulan ini lemah untuk dijadikan acuan, namun melihat kesamaan antara kedua hasil uji di atas, dapat disimpulkan bahwasanya bimbingan kelompok berbasis konformitas berpengaruh terhadap perilaku membolos siswa kelas XII BDP 1 di SMKN 1 Sijunjung.