Abstract:
ABSTRAK RIO MARZUKI, NIM 1630108068, judul skripsi “Pembinaan Sikap Sosial Anak di MDTA Raudhatut Thalibin Desa Sungai Kuning”. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah pembinaan sikap sosial anak di MDTA Raudhatut Thalibin Desa Sungai Kuning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang pembinaan sikap sosial anak di MDTA Raudhatut Thalibin Desa Sungai Kuning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah guru di MDTA Raudhatut Thalibin Desa Sungai Kuning. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembinaan sikap sosial anak di MDTA Raudhatut Thalibin Desa Sungai Kuning tidak memiliki program secara khusus tetapi disamakan dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat dengan melakukan rapat musyawarah dengan melibatkan semua guru di MDTA Raudhatut Thalibin Desa Sungai Kuning. Perencanaan dilakukan dengan menyesuaikan visi dan misi di MDTA yang salah satunya berkaitan dengan pembinaan sikap sosial yaitu mewujudkan kemampuan anak didik dari segi rohani dan jasmani yang peduli pada lingkungan. Mewujudkan pembinaan sikap sosial anak dengan melakukan kegiatan pengawasan kepada siswa. Memberikan bimbingan, arahan dan nasehat dengan memberikan contoh yang baik dan positif kepada siswa. Bentuk kegiatan yang diberikan kepada siswa untuk memiliki sikap sosial adalah dibentuknya jadwal piket kelas, pembagian kelompok belajar, dan juga adanya kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekolah, memberikan contoh yang baik pada anak seperti menceritakan kisah teladan Nabi dan Rosul, mendoakan teman yang sakit, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan yang dilakukan, membantu teman yang kesusahan, hal-hal tersebut diberikan agar tumbuh rasa empati dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar atau orang lain. Bentuk penilaian sikap sosial dilakukan seiring dengan penilaian pembelajaran dan penilaian dilakukan dengan mengamati setiap siswa baik dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Penilaian sikap sosial juga tertulis dalam raport siswa yaitu adanya nilai kerjama. Penilaian sikap sosial dilakukan setiap hari dengan mengamati siswa dan langsung menegur dan menasehati siswa ketika siswa melakukan kesalahan.