Publikasi IAIN Batusangkar

Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di MAN 2 Tanah Datar

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author HAFIFA DWI FADILLA
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:35:22Z
dc.date.available 2022-05-19T08:35:22Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-17
dc.identifier.isbn NIM:1730108023
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200169
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/AOl2WBNRWhUOgti6FtDHHkEFokXssn.pdf
dc.description.abstract Hafifa Dwi Fadilla. NIM 17 301 08 023 (2022). Judul skripsi: “Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di MAN 2 Tanah Datar”. Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalm SKRIPSI ini adalah di MAN 2 Tanah Datar secara umum motivasi berprestasi siswa masih berada pada tingkatan sedang hingga rendah. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan motivasi berprestasi siswa sehingga dalam penanganannya, diperlukan peranan guru BK dalam bentuk pemberian layanan bimbingan kelompok. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk melihat ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok pendekatan muhasabah dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa di MAN 2 Tanah Datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA yang berjumlah 92 orang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. sehingga diperoleh sampel sebanyak 15 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian angket/kuesioner yang terlebih dahulu divalidasi oleh pakar. Hasil penelitian menunjukkan, skor motivasi berprestasi siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok memiliki rata-rata dengan kriteria sedang yaitu sebesar 79,20. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, terjadi peningkatan skor motivasi berprestasi siswa menjadi tinggi dengan skor 91,867. Berdasarkan hasil pengolahan data statistik menggunakan uji-t sampel berpasangan, diperoleh nilai t yaitu -28.807, dengan nilai sig. yaitu 0.00 0.05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor motivasi berprestasi siswa sebelum maupun sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah terhadap motivasi berprestasi siswa di MAN 2 Tanah Datar.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan Konseling
dc.subject.ddc 371.4
dc.subject.ddc 371.4
dc.title Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di MAN 2 Tanah Datar
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku