Publikasi IAIN Batusangkar

Faktor Kurangnya Minat Siswa Mengikuti Konseling Individual di SMPN 1 Tanjung Mutiara Tiku Selatan Kabupaten Agam

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NELFIA YULISMAN
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:35:27Z
dc.date.available 2022-05-19T08:35:27Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-17
dc.identifier.isbn NIM:1730108042
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200162
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/k8702pOiGLOo9abaIa8ORmzzxx0MYA.pdf
dc.description.abstract Nelpia Yulisman. NIM 1730108042 (2022) Judul Skripsi: “Faktor Kurangnya Minat Siswa Mengikuti Konseling Individual di SMPN 1 Tanjung Mutiara Tiku Selatan Kabupaten Agam”. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam SKRIPSI ini adalah faktor kurangnya minat siswa mengikuti konseling individual di SMPN 1 Tanjung Mutiara Tiku Selatan Kabupaten Agam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kurangnya minat siswa mengikuti konseling individual di SMPN 1 Tanjung Mutiara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ialah siwa yang diketahui enggan untuk melakukan konseling individual di SMPN 1 Tanjung Mutiara. Teknik penjamin keabsahan data ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif. Dari penelitian yang penulis lakukan di lapangan dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat mengikuti konseling individual berupa faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu motivasi, persepsi siswa terhadap konseling serta keinginan untuk menyelesaikan masalah. Motivasi merupakan daya pendorong siswa untuk melakukan kegiatan, adanya motivasi dapat menimbulkan gairah, merasa senang, dan semangat untuk melakukan konseling. persepsi yang masih kasuistik terhadap konseling menjadikan siswa enggan untuk melakukan konseling. Keinginan siswa untuk menuntaskan permasalahan mereka akan menumbuhkan minat siswa untuk memanfaatkan konseling individual. Faktor eksternal diantaranya, kepribadian konselor yang dinilai kurang ramah akan mengurangi minat siswa untuk konseling, lingkungan keluarga yang tidak mendukung untuk mengikuti kegiatan bimbingan dan konseling, lingkungan sekolah dan fasilitas yang kurang nyaman bagi siswa, dan teman sebaya yang cenderung memberi stigma negatif bagi siswa yang mengikuti konseling individual.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bimbingan Konseling
dc.subject.ddc 3714.4
dc.subject.ddc 3714.4
dc.title Faktor Kurangnya Minat Siswa Mengikuti Konseling Individual di SMPN 1 Tanjung Mutiara Tiku Selatan Kabupaten Agam
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku