Abstract:
Alrifqo Amri, NIM, 1730108004, judul skripsi: Kerjasama Guru Bk Dan Orang Tua Dalam Menangani Masalah Belajar (Slow Leaner) Siswa Kelas VII Di Tengah Pandemi Di Smpn 3 Pariangan Nagari Tabek. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 3 Pariangan Nagari Tabek yang mengalami masalah belajar (slow learner) sehingga diperlukannya kerjasama guru BK dan orang tua untuk mengatasi masalah belajar tersebut dengan melihat kerjasama yang dilakukan, bentuk kerjasama, hambatan dalam kerjasama antara guru BK dan orang tua serta solusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, kendala dan solusi dalam kerjasama guru BK dan orang tua dalam menangani masalah belajar siswa (slow learner) Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dengan metode kualittaif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan orang tua siswa dengan data sekundernya siswa itu sendiri. Hasil penelitian di lapangan dapat disimpulkan bahwa bentuk kerjasama guru BK dan orang tua dalam menangani masalah belajar siswa adalah memanggil orang tua siswa yang bermasalah untuk datang ke sekolah membicarakan masalah belajar siswa, melakukan kunjungan rumah, mengikut sertakan orang tua terlibat akitf dalam memberikan pengajaran, dan mendampingin siswa yang mengalami masalah belajar tersebut dalam mengerjakan tugas-tugas, memahami konsep materi serta ikut serta dalam berbagai kegiatan yang menunjang keberhasilan siswa baik di rumah maupun di sekolah. Kendala yang ditemukan adalah kurang partisipasinya orang tua dalam melakukan kerjasama serta kuangnya motivasi siswa dalam belajar. Solusi yang diberikan adalah dengan memperhatikan siswa dalam proses pembelajaran, merangkul serta membimbing siswa dalam belajar, mengatur strategi belajar yang menarik, mengatur waktu belajar yang efesien dan memberikan pelatihan dan evaluasi.