Abstract:
Sofia Anisa, NIM. 1630108077. Judul Skripsi: “Korelasi Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP N 1 Sungayang”. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2022. Permasalahan penelitian ini adalah masih banyak ditemukan minat belajar yang rendah dan hasil belajar siswa yang di bawah KKM atau tidak tuntas. Sehingga peneliti tertarik untuk melihat apakah hasil belajar ini ada hubungan dengan minat belajar. Rumusan penelitian ini yaitu adakah terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 1 Sungayang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Sungayang yang berjumlah 289, teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 100 orang siswa. Penulis menggunakan skala Likert untuk memperoleh data yang dibutuhkan tentang minat belajar dan hasil belajar menggunakan dokumen atau nilai raport. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar siswa di SMP N 1 Sungayang. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi bahwa rhitung lebih besar dari rtabel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini berarti minat belajar berhubungan dengan hasil belajar. Nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel pada signifikan 5% yaitu 0,352 > 0,197. Hal ini berarti Ha diterima, maksudnya terdapat korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SMP N 1 Sungayang dengan taraf signifikan. Artinya kedua variabel ini saling mempengaruhi dan memiliki keterkaitan satu sama lain. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa minat belajar siswa secara keseluruhan berada pada kategori rendah atau kurang dan hasil belajar siswa berada pada kategori rendah sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini memiliki korelasi yaitu, jika rendah minat belajar siswa maka semakin rendah pula hasil belajar siswa dan sebaliknya, jika tinggi minat belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Sungayang.