Abstract:
ABSTRAK Viony Arista. NIM, 1730108082, (2017) judul skripsi: Perencanaan Karir Peserta Didik Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Di SMP Negeri 2 Sungai Tarab. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Masalah pokok dalam penelitian ini pada masa adaptasi kebiasaan baru adalah peserta didik masih belum mengetahui rencana karirnya dan sulit dalam menentukan karir yang akan dicapainya dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perencanaan karir peserta didik pada masa adaptasi kebiasaan baru di SMP Negeri 2 Sungai Tarab. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 2 Sungai Tarab yang berjumlah tujuh orang dengan data sekundernya guru Bimbingan dan Konseling di sekolah tersebut berjumlah satu orang. Dari penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa pertama, Persiapan yang dilakukan oleh peserta didik adalah dengan mencari tahu informasi mengenai karir, memahami diri dengan mencari tahu kemampuan, potensi dan bakat minat diri sendiri, dapat mencari tau arah karir yang akan dicapai . Kedua, Upaya yang dilakukan peserta didik mencari tahu karir yang sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimilikinya, mengatahui karir yang akan dipilihnya, mengenali bakat yang dimilikinya serta menetapkan tujuan karirnya. Ketiga, Menetapkan perencanan karir dengan memilih studi lanjut setelah menyelesikan studi melihat bakat minat yang dimiliki peserta didik, memperhatikan kemampuan peserta didik, dan memperhatikan bagaimana pengelolaan informasi dari peserta didik. Keempat, kendalanya peserta didik yang kurang mendapatkan informasi, kebingungan dalam memilih karir, tidak memiliki dorongan dari orang tua dalam perihal belajar dan pendidikan anaknya, tidak mampu menetapkan tujuan karirnya serta menentukan karirnya. Kurangnya kesadaran peserta didik terhadap pemahaman dirinya.