Publikasi IAIN Batusangkar

Penerapan metode card sort dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV UPT SDN 04 Padang Ganting

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author DEVI YULIA PUTRI
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:36:06Z
dc.date.available 2022-05-19T08:36:06Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-17
dc.identifier.isbn NIM:1730111015
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200094
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJ10%2BOsc13qcy0BjhzbsYs3JAK8U5iKIoqd40xXUW3JdUTtXy1xY8iQXHKnsPhx8wMgprBau1NouBpzzssAOUU%2FpWuK4J5qsty6fzR%2FCGyodOa4mRviMUCST4X6zfH5bnILQ3f44NINKY%2F%2B6rFOaquk2tjsKN2gwiU%3D
dc.description.abstract Devi Yulia Putri, NIM 1730111015 (2022). Judul Skripsi : “Penerapan Metode Card Sort Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di UPT SDN 04 Padang Ganting”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik yang menyebabkan rendahnya penguasaan materi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV UPT SDDN 04 Padang Ganting. Bahan ajar yang digunakan berupa buku tema sebagai pegangan guru dalam proses pembelajaran. Kelemahan materi yang dijabarkan kurang lengkap, gambar yang disajikan tidak jelas yang mengakibatkan peserta didik kurang kreatif belajar dan peserta didik kurang afektif dalam proses pembelajaran. Untuk menyikapi masalah ini, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan Metode Card Sort pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jenis penelitian yang diterapkan melalui kegiatan Pretest - Postest ini adalah penelitian dengan menggunakan Metode Eksperimen menggunakan model Pre-Eksperimental Desaign. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Metode Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV UPT SDN 04 Padang Ganting. Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan metode Card Sort yaitu 20,7%. Setelah dilakukan tindakan dengan Metode Card Sort, maka diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 90,47%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar dan setelah menggunakan Metode Card Sort H1 berpengaruh terhadap hasil belajar, artinya penerapan Metode Card Sort berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV di UPT SDN 04 Padang Ganting
dc.format Text
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Metode Belajar
dc.subject.ddc 371.3
dc.subject.ddc 371.3
dc.title Penerapan metode card sort dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV UPT SDN 04 Padang Ganting
dc.type Karya Ilmiah


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku