Publikasi IAIN Batusangkar

Pengembangan Media Poster Berbasis Inquiry Pada Materi Sistem Pencernaan Pembelajaran IPA Di Kelas 5 SD IT Qurrata’ayun Batusangkar

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author Miftahurrahmi
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:36:11Z
dc.date.available 2022-05-19T08:36:11Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-17
dc.identifier.isbn NIM:1730111033
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200113
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdLfsAalvMa5IGYM1ftJpTdviC%2FuWuSe54ND8%2Ffk1sLp%2B0qv3r2JxkAe73xU4x3AE6%2FllRU8UW7pk9%2Fu64CBTRMUFAqp%2F9hQkWuxt7OaP8k0Dbq%2BGXpSEMV%2F9xaIOJp2Ggva7S7mjFHFiGxeUzy4DGLSRH%2B84awmtek%3D
dc.description.abstract Miftahurrahmi. NIM 1730111033Judul Skripsi : “Pengembangan Media Poster Berbasis Inquiry Pada Materi Sistem PencernaanPembelajaran IPA di Kelas 5 Sd It Qurrata’ayun Batusangkar”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan keterbatasan media untuk pembelajaran IPA. pemelajaran IPA tentang sistem pencernaan dianggap sulit bagi siswa. Materi ini dianggap sulit dikarenakan guru mengalami kesulitan jika materi yang diajarkan berada di luar pengamatan siswa, dengan kondisi seperti pandemi covid 19 saat sekarang ini dan pembelajaran dilakukan secara daring siswa sangat sulit untuk memahami materi sistem pencernaan,Minimnya media yang ada di sekolah tersebut membuat guru dan siswa kesulitan dalam melasanakan kegitan proses belajar mengajar, dan tidak adanya labor IPA untuk mendukung pembelajaran IPA di SD IT Quraata’ayun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas media e-poster pada materi sistem pencernaan berbasis inquiry yang di kembangkan untuk siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan mengunakan Model pengembangan yaitu 4-D model (define,design, develop, dan disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan wawancara. Untuk instrumen penelitian di gunakan lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 2 cara yaitu lembar validasi dan lembar praktikalitas dianalisis dengan mencari persentase, sedangkan hasil observasi dan wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif. Setelah itu ditentukan kualitas dari produk yang dikembangkan. Hasil validasi media e-poster sistem pencernaan berbasis inquiry yang dikembangkan bersifat sangat valid dengan persentase penilaian 83,3%. Hasil uji praktikalitas melalui angket respon dikategorikan sangat praktis dengan nilai persentase kepraktisan adalah 88,7%. Dengan demikian kualitas produk hasil pengembangan dapat dikatakan valid dan praktis bedasarkan uji validitas dan praktikalitas yang telah dilakukan
dc.format Text
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Media Pembelajaran
dc.subject.ddc 371.3
dc.subject.ddc 371.3
dc.title Pengembangan Media Poster Berbasis Inquiry Pada Materi Sistem Pencernaan Pembelajaran IPA Di Kelas 5 SD IT Qurrata’ayun Batusangkar
dc.type Karya Ilmiah


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku