Abstract:
Fenomena dalam penelitian ini dilandaskan pada temuan siswa yang berprestasi pada masa pandemi dengan segala keterbatasan, hal tersebut bisa dikarenakan adanya peran dan tanggung jawab orang tua yang memang dilaksanakan. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui Peran orang tua dalam peningkatan kualitas belajar anak pada masa pandemi dan untuk juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam peningkatan kualitas belajar anak pada masa pandemi. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus (Case Study) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Sedangkan untuk menjamin keabsahan data dalam penelitian ini digunakan data penelitian teknik triangulasi, teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dalam peningkatan kualitas belajar anak pada masa pandemi covid-19 yaitu 1. Pendampingan khusus untuk anak saat belajar pada masa pandemi 2. Melakukan kegiatan bersama selama dirumah bersama anak 3. Menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Sedangkan, faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam peningkatan kualitas belajar anak pada masa pandemi yaitu 1. Faktor pendukung; Handphone dan kuota internet gratis dari Pemerintah, 2. Faktor penghambat; perekonomian.