Abstract:
Indri Vhila, NIM. 1730111025. Judul Skripsi: “Problematika Pembelajaran Tematik Integratif pada SDN X Limo Kaum Kaum Kabupaten Tanah Datar”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Pokok Pembahasan dalam Skripsi ini adalah Problematika Pembelajaran Tematik Integratif pada SDN X Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar. Fokus dari penelitian ini yaitu Problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik integratif yaitu: merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi terhadap pembelajaran tematik integratif di SDN X Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran tematik integratif yang dihadapi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi terhadap pembelajaran tematik integratif. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dikarenakan metode yang dilakukan peneliti melalui metode deskriptif. Metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan merupakan data berupa penjelasan, gambaran dan bukan angka. Data dapat diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi peribadi dan dokumentasi resmi lainnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu bahwa pembelajaran tematik integratif pada SDN X Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar belum berjalan secara maksimal, hal ini dapat dilihat dari beberapa problematika yang ditemui diantarannya, Problematika dari segi perencanaan yang mana ada beberapa guru yang belum mampu mengoperasikan media elektronik dan komputer sehingga dalam pembuatan perangkat pembelajaran termasuk RPP masih membutuhkan bantuan guru yang lain. dan pada pelaksanaan pembelajaran, guru masih cenderung bingung menjelaskan pembelajaran yang terintegratif atau terhubung beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Kurangnya pemahaman guru tentang pembelajaran tematik integratif, guru belum menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan masih minimnya sumber belajar yang digunakan.