Abstract:
Pokok permasalahan dalam penelitian ini bermula dari masih ada hal-hal yang belum terlihat dilakukan oleh guru dalam pemberian variasi stimulus di dalam kelas pada kelas V di SDN X Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini yaitu peneliti akan mendeskripsikan Profil keterampilan penggunaan menggunakan variasi stimulus dalam pembelajaran teamtik di kelas V SDN X Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berlokasi di SDN X Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2020 sampai bulan Juli 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V serta siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru menerapkan semua komponen variasi gaya mengajar mulai dari variasi suara sampai pindah posisi . dilakukan dengan meninggi rendahkan suara, memperhatikan siswa secara keseluruhan, penekanan secara verbal, kesenyapan dengan diam sejenak, bergerak secara dinamis, dan menirukan gerak-gerik hewan yang dipelajari. (2) penggunaan media pembelajaran yang baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran, guru menerapkan media pandang menggunakan buku dan papan tulis(3) Interaksi yang optimal muncul ketika guru melakukan kegiatan yang didominasi oleh siswa . interaksi yang diterapkan yaitu yaitu interaksi antar guru-siswa-siswa dan guru-siswa melalui kegiatan tanya jawab yang dilakukan saat menjelaskan materi