Abstract:
ENDANG SRI WAHYULI, NIM 17 301 030 13 judul SKRIPSI “Analisis Bauran Pemasaran Dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi di) Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanah Datar” Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2022. Pokok permasalahan dalam skripsi ini tentang bauran pemasaran dalam peningkatan penerimaan peserta didik yang dilatarbelakangi oleh pemasaran yang dilakukan untuk mengatasi kompetisi antar lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara rinci mengenai bauran pemasaran di MAN 2 Tanah Datar, dimana akan ditelaah satu persatau variabel dalam bauran pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data berdasarkan hasil wawancara dengan narasumber dan juga dokumentasi. Pengumpulan data penelitian didapatkan melalui proses observasi lapangan, dilanjutkan wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana serta Kaur TU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tanah Datar berjalan dengan baik, semua unsur bauran pemasaran sudah tererealisasi dengan baik. Setiap vaiabel dalam bauran pemasaran yakninya Product, place, price, promotion, process, physical evidence, dan People sudah terlaksana dengan baik. setiap variabel tersebut dikelola dan dikoordinasikan dengan baik oleh sekolah sehingga dapat memicu kenaikan peserta didik setiap tahunnya dalam kurun waktu 3 taun terakhir di MAN 2 Tanah Datar. Di MAN 2 Tanah Datar sendiri, variabel bauran pemasraan yang menjadi unggulan yaitu variabel Place dan Physical evidence, ini karena letak MAN 2 Batusangkar sangat strategis di bandingkan Madrasah pesaing, selain itu dari segi bangunan dan sarana prasarana, MAN 2 Tanah Datar juga sudah jauh unggul dibandingkan Madrasah pesaing.