Abstract:
ABSTRAK AGNES ERIANTI. NIM. 17 301 090 03, Judul Skripsi “Pengaruh Penerapan Metode Discovery Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2022 Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukan anak usia 4-5 tahun yang masih kurang mampu dalam mengenal warna, anak masih belum dapat menyebutkan warna secara tepat anak yang masih belum tepat dalam mengelompokkan warna, dan tidak mau melakukan perintah guru untuk menunjuk atau mengelompokkan warna sehingga harus dibantu oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di RA Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini ialah anak usia dini di RA Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto. Dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling yaitu dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Sampel penelitian ialah anak usia dini 4-5 tahun kelas A1 dengan jumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan lembar ceklis dengan teknik pengumpulan data observasi. Penelitian ini menggunakan uji prsayarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas, serta uji hipotesis berupa uji t. Hasil dari penelitian pada tabel nilai t pada taraf signifikasn 5% yaitu 2,27. Diketahui bahwa to yaitu 16,17 > 2,27. Karena t0 lebih besar dari tt maka hipotesis (h) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif di terima (ha). Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode discovery learning terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 4-5 tahun di RA Aisyiyah Talawi Kota Sawahlunto