Abstract:
INEL AGUSTIN, NIM 1730103027, Judul skripsi: “Analisis SWOT dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Balimbing”. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institusi Agama Islam (IAIN) Batusangkar 2022. Latar belakang dalam skripsi ini adalah mutu pendidikan yang belum bisa dikatakan bermutu dan perlu ditingkatkan dengan menggunakan strategi Analisis SWOT karena belum memenuhi 8 standarisasi dari standar mutu pendidikan secara optimal khusus standar sarana dan prasarana, sehingga Madrasah Tsanawiyah Swasta Balimbing belum bisa menjadi madrasah yang bermutu. Semua ini disebabkan masih banyak kelemehan-kelemahan dan hambatanatau ancaman yang dapat melambatkan dan bisa mematikan pergerakan dan perkembangan madrasah Tujuan pembahasan ini mendeskripsikan peluang (Stenghts) kelemahan (Weakkness), peluang (Opportunity),dan ancaman (Threats) untuk meminimalisir kelemahan-kelemahan dan ancaman-ancaman yang dihadapi untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Balimbing sehingga bisa menjadi pengarah bagi madrasah dalam menarapkan strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field reserach) yang bersifat deskripsi kulitatif. Dengan penelitian deskriptif kualitatif ini, peneliti akan bisa mengambarkan bagaimana implementasi analisis SWOT dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsS Balimbing. Selanjutnya peneliti akan mengumpulkan berbagai informasi atau data peneliti membutuhkan dari sumber yang ada berkaitan dengan masalah penelitian yang akan ditelitiTeknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan triangulasi. Teknik analisis yang penulis gunakan menurut Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Tsawiyah Swasta Balimbing bisa meningkatkan mutu pendidikan, Karena Madrasah Tsawiyah Swasta Balimbing memiliki berbagai peluang dan kekuatan yang bisa meminimalisir kelemahaan-kelemahan yang ada dan ancaman-ancaman yang mampu menghambat perkembangan dan peningkatan mutu pendidikan.