Publikasi IAIN Batusangkar

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE APLIKASI INVENTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS MEKAR KOTO TUO BASO

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author AMELIA ROSDIANI
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:38:02Z
dc.date.available 2022-05-19T08:38:02Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-17
dc.identifier.isbn NIM:1730109005
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200071
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/6Ww2M6PEhq2OIOuhTMSnkF3H1EQ5KCF.pdf
dc.description.abstract Amelia Rosdiani NIM 1730109005 (2021) judul skripsi “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Mobile Aplikasi Inventor Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di TK Tunas Mekar Baso” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tabiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Batusangkar. Pokok permasalahan yang ditemukan di skripsi ini adalah kemampuan berhitung permulaan anak yang belum berkembang sesuai dengan yang diharapkan, masih banyak anak yang kurang mampu mengenali dan menyebutkan lambang bilangan 1-10 dan menunjukan sikap bahwa berhitung permulaan masih sulit, proses pembelajaran berhitung masih monoton dan masih menggunakan lembar kerja anak, belum adanya media pembelajaran berupa game edukasi berbasis mobile aplikasi inventor untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Kelompok B Di TK Tunas Mekar Baso. Penulis menggunakan jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D, namun penulis membatasi sampai tahap ketiga yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), penelitian dilakukan di TK Tunas Mekar Koto Tuo Baso, dengan jenis insrrument menggunakan lembar validasi game edukasi berbasis mobile aplikasi inventor dan lembar praktikalitas Berdasarkan penelitian pengembangan yang telah dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa di TK Tunas Mekar Koto Tuo Baso belum memiliki game edukasi berbasis mobile aplikasi inventor untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B. Game edukasi berbasis mobile sudah dilakukan uji validasi oleh 2 orang dosen ahli dengan rata-rata presentase 90,4 % dengan kategori sangat valid dan diuji praktisi oleh 2 orang guru di TK Tunas Mekar Baso dengan rata- rata presentase 95% kategori sangat praktis.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan Dasar
dc.subject.ddc 372
dc.subject.ddc 372
dc.title PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BERBASIS MOBILE APLIKASI INVENTOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS MEKAR KOTO TUO BASO
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku