Abstract:
Husnul Muliana NIM 1730109018 (2021) judul skripsi: “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Speaking Pyarmid untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Di TK An-Nur Sungai Batuang”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Batusangkar. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah kurangnya penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak seperti melafalkan kosa kata dan masih banyak anak yang belum tahu kosa kata bahasa Inggris saat ditanya. Salah satu penyebab rendahnya kosa kata bahasa Inggris anak yaitu cara guru mengenalkan bahasa Inggris masih menggunakan media yang kurang menarik minat untuk mempelajarinya. Berdasarkan hal ini peneliti merancang sebuah media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft powerpoint unutk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa inggris anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif speaking pyramid yang valid dan praktis sehingga dapat menarik perhatian anak dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D, dalam penelitian ini penulis hanya sampai tiga tahap yaitu pendefinisian (define), Perancangan (design) dan pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di TK An-Nur Sungai Batuang dengan jenis instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru). Media pembelajaran interaktif speaking pyramid divalidasi oleh 2 orang validator. Pada tahap praktikalitas media pembelajaran interaktif speaking pyramid ini diuji cobakan kepada beberapa anak oleh guru dan guru mengisi angket respon guru. Dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa pengembangan dan perancangan media pembelajaran interaktif speaking pyramid ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan di TK An-Nur Sungai Batuang yang belum memiliki media pembelajaran interaktif speaking pyramid untuk anak. Media pembelajaran interaktif speaking pyramid telah divalidasi oleh dua orang dosen dengan persentase 86,25% dengan kriteria sangat valid dan praktikalitas media pembelajaran interaktif speaking pyramid memperoleh persentase 87,5% dengan kriteria sangat praktis.