Abstract:
Dhira Khairani NIM. 1730106010 (2021). Judul Skripsi : “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) Pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI IPA di SMA N 1 Palembayan”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan buku paket atau bahan ajar yang digunakan oleh peserta didik, kurangnya keaktifan serta minat siswa dalam pembelajaran Biologi,. Kurangnya rasa percaya diri serta tidak adanya motivasi belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) pada materi sistem sirkulasi kelas XI IPA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Reseach And Development) dengan model pengembangan 4-D. Produk Modul divalidasi oleh 3 orang pakar yang terdiri atas ahli media dan ahli materi serta 1 orang guru mata pelajaran Biologi. Uji coba praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas XI IPA SMA N 1 Palembayan. Instrument penelitian ini berupa lembar uji validasi dan lembar uji praktikalitas dan lembar wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah modul berbasis ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) dinilai valid, dengan persentase 80,74%. Total persentase hasil respon uji praktikalitas modul biologi berbasis ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) pada pembelajaran IPA oleh siswa dan guru adalah 88,05% dan 90% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa modul biologi berbasis ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) pada kelas XI IPA SMA N 1 Palembayan yang dikembangkan adalah valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran Biologi.