Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | ASIFA WULANDARI | |
dc.date.accessioned | 2022-05-19T08:38:23Z | |
dc.date.available | 2022-05-19T08:38:23Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-02-17 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1730106007 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.22200217 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/qErguSfCmATO3umY54jJ6pTZMzw07B.pdf | |
dc.description.abstract | Asifa Wulandari, NIM. 1730106007 (2021). Judul Skripsi : “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Treffinger Pada Pembelajaran Biologi di kelas X MIPA 2 Di SMA N 2 Solok Selatan”. Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasanya ketersedian buku pajet disekolah sebagai bahan belajar peserta didik. Selain itu, guru juga belum ada mengembangkan bahan ajar sendiri sehingga proses pembelajaran hanya terfokus pada penggunaan buku paket saja. Kemudian model yang digunakan oleh guru saat pembelajaran juga cenderung menggunakan metode ceramah. Hal ini tentu akan berdampak kepada pemahaman konsep pada peserta didik, dan membuat kurangnya motivasi, partisipasi dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Sedangkan dalam kurikulum 2013 peserta didik diharapkan mampu untuk lebih kreatif, komunikatif, dan mampu berfikir kritis terutama dalam memahami materi pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melakukan sebuah penelitian dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Treffinger Pada Pembelajaran biologi Materi Perubahan Lingkungan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Solok Selatan. Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah Research and Development (R&D) atau pengembangan dengan menggunakan pengembangan 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Treffinger Pada Pembelajaran biologi Materi Perubahan Lingkungan di kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Solok Selatan di SMA N 2 Solok Selatan yang valid dan Praktis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu LKPD yang dihasilkan valid dengan nilai 79,77% , hasil respon uji praktikalitas oleh siswa 81, 59% dan guru 83,34% dengan kategori sangat praktis. Sehingga Lembar Kerja Pesrta Didik (LKPD) berbasis Model Treffinger ini sudah bisa digunakan. Kata Kunci : LKPD, Model Treffinger, Perubahan Lingkungan. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi - Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.title | Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didk (LKPD) Pada Pembelajaran Biologi Kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 2 Solok Selatan | |
dc.type | Skripsi |