Abstract:
ABSTRAK Desgia Zahrah Putri, NIM 1730105007 Judul Skripsi “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Pulau Punjung“. Skripsi Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih jauh dari yang diharapkan. Rendahnya hasil belajar siswa khususnya kelas X IPA 2 di SMA Negeri 2 Pulau Punjung. Salah satunya disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Pulau Punjung. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian Kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksploratif. Subjek penelitian dalam penelitian ini siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Pulau Punjung tahun ajaran 2021/2022 terdiri dari siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi, sedang, dan rendah dalam memecahkan masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen tes dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dan wawancara yang dilakukan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mempersiapkan dan mengatur data, menjelajahi dan mengkodekan pekerjaan siswa, mendeskripsikan temuan dan tema pembentuk, manyajikan dan melaporkan temuan, menafsirkan makna temuan, memvalidasi keakuratan temuan. Pengecekan kebsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi tidak mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematis. Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis sedang mengalami kseulitan dalam memecahkan masalah matematis yaitu kesulitan dalam memahami masalah dan memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis rendah mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematis yaitu kesulitan dalam memeriksa kembali, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali.