Abstract:
ABSTRAK Mona Yulivia Putri, NIM : 1830105034, Judul Skripsi : “Pengembangan LKPD Bebasis PMR untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Di MTsN 17 Tanah Datar”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2022. Latar belakang penelitian ini adalah sumber belajar yang digunakan siswa hanya buku yang terdapat di perpustakaan sekolah dan media pembelajaran yang digunakan guru masih kurang serta belum sesuai dengan karakteristik siswa. Sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan literasi numerasi yang dimiliki siswa. Hal ini juga disebabkan oleh faktor lainnya, seperti model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai dengan karakteristik siswa saat proses pembelajaran. Sehingga peneliti mengembangkan sebuah LKPD berbasis PMR yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi nuemrasi siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas dari LKPD yang dikembangkan pada saat proses pembelajaran di MTsN 17 Tanah Datar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Tahapan pelaksanaan yang peneliti lakukan ada tiga tahap, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), dan development (pengembangan). Subjek penelitian peneliti adalah siswa Kelas VII A di MTsN 17 Tanah Datar. Untuk instrument pada penelitian ini adalah lembar validasi LKPD dan angket respon siswa serta lembar praktikalitas atau angket respon siswa setelah menggunakan LKPD ini. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian ini, diperoleh bahwa LKPD berbasis PMR untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa yang dirancang sudah sangat valid dan sangat praktis saat digunakan. LKPD ini memuat karakteristik dan langkah- langkah PMR, serta memenuhi tagihan LKPD yang merujuk pada indikator kemampuan literasi numerasi.