Abstract:
MIFTAHUL JANNAH. NIM. 1730105028. Judul SKRIPSI “Perbandingan Pencapaian Hasil Belajar Matematika Peserta didik Pada Proses Pembelajaran Daring dan Luring di MTsN 1 Tanah Datar”. Skripsi Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih jauh dari yang diharapkan. Rendahnya hasil belajar dan pencapaian hasil belajar matematika peserta didik khususnya kelas IX di MTsN 1 Tanah Datar. Salah satunya disebabkan oleh penerapan pembelajaran yang kurang tepat pada masa pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian hasil belajar kognitif matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran daring dengan pembelajaran luring di MTsN 1 Tanah Datar, dan pembelajaran manakah yang lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pra Eksperimen Design dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah One-Group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di MTsN 1 Tanah Datar tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling), sehingga kelas yang diambil menjadi sampel adalah kelas IX. 2 yang berjumlah 21 orang peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes yang dilakukan pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. N-gain digunakan untuk melihat peningkatan dan pencapaian kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakukan. Teknik analisis datanya adalah uji t. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian hasil belajar kognitif matematika peserta didik yang menggunakan pembelajaran daring dengan pembelajaran luring di MTsN 1 Tanah Datar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji t nilai N-gain yang menyatakan hasil nilai gain ternormalisasi pembelajaran daring dan luring yaitu nilai statistik d - (nilai kritis) atau -3.04 -2.20 maka H0 ditolak. Selanjutnya pembelajaran luring lebih baik dari pembelajaran daring, dapat diketahui dari hasil uji nilai gain ternormalisasi yang memperoleh hasil yaitu nilai statistik d - (nilai kritis) atau -3.04 -1.80, maka H0 ditolak.