Abstract:
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan strategi manajemen ekstrakurikuler anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari kepala sekolah SLB, wakil kepala sekolah SLB dan para pendidik di SLB Paninjauan X koto Kabupaten Tanah Datar. Analisis data dalam penelitian melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi manajemen ekstrakurikuler anak berkebutuhan sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan adanya strategi perencanaan ekstrakurikuler anak berkebutuhan khusus dilakukan dengan berkoordinasi bersama kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan seluruh guru serta Pembina kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, mengembangkan potensi siswa dalam strategi pelaksanaannya ekstrakurikuler anak berkebutuhan khusus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yang dilaksanakan setiap haresuai dengan jadwal yang telah ditentukan yang dilaksanakan setiap hari yang diawasi dengan guru atau Pembina dan dalam strategi evaluasi ekstrakurikuler anak berkebutuhan khusus dilaksanakan setiap tahun sekali dan dilihat dari hasil prestasi yang telah diperoleh dari kegiatan ekstrakurikuler oleh siswa untuk mengetahui tingkatan ekstrakurikuler sehingga strategi manajemen ekstrakurikuler sudah berjalan optimal.