Abstract:
Ewis Elvionika NIM 1730109013 (2021) judul skripsi: “Deskripsi Kecerdasan Visual-spasial Dalam Gambar Anak Di TK Cahaya Mata III Jorong Mandiangin Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Batusangkar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru tidak memperhatikan kemampuan anak dalam menggambar, dan tidak memperhatikan hasil karya gambar anak, dengan memperhatikan kemampuan anak dalam menggambar serta hasil karya gambar anak tujuan penelitian ini adalah untuk menganaliasis kecerdasan anak yaitu kecerdasan visual-spasial pada anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, subjek penelitian ini adalah anak di TK Cahaya Mata III sebanyak 11 orang anak, sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah dengan melakukan reduksi data terhadap data yang didapat, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deskripsi kecerdasan visual-spasial dalam gambar anak terlihat dalam 1) proses menggambar pada anak yang dilihat melalui kegiatan menggambar pada anak, anak melalakukan 3 tahapan proses menggambar yaitu tahap eksplorasi atau tahap pencerian ide gambar, tahap penciptaan yaitu tahap pembuatan gambar melalui gagasannya, dan tahap presentasi yang mencaritakan gambar dengan melakukan diskusi langsung, 2) karakteristik kecerdasan visual-spasial dalam gambar anak yang muncul ketika anak melakukan kegiatan menggambar serta hasil gambar anak seperti, anak mampu menyebutkan nama warna yang digunakan, memadukan warna pada gambar, menggambar sesuai dengan gagasan, membuat coretan dalam gambar, berkhayal dalam gambar, membuat desain dalam gambar, menjelaskan bentuk dalam gambar, dan menggambar bentuk sesuai dengan gagasannya.