Abstract:
Resni permata sari 1730109047. Efektifitas Metode Story Telling Melalui Film Animasi Untuk Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia DiniDi Taman Kanak- Kanak Harapan Bunda Nagari Sungai Aua Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021. Penelitianinidilatar belakangimasalahyang ditemukandiTK Harapan Bunda Sungai Aur.Adapunmasalahyangditemukanyaitukosakata Bahasa Inggris anak belum berkembangdengan baik, hal ini terlihat pada saat anak dalam melakukan proses pembelajaran,dan juga media yang digunakan kurang bervariasi sehingga perkembangan bahasaanak tidak berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiEfektifitas Metode Story Telling Melalui Film Animasi Untuk Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak- Kanak Harapan Bunda Nagari Sungai Aua Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifyangberbentukpre-experimen. Dalam penelitianini populasiberjumlah 30 orang anak, yang mana sampel berjumlah 15 orang anak. Teknik pengambilan sampelnyarandom Sampling, yaitu terpilih lokal B2 (kelas eksperimen). Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan SPPS versi 16. Pada hasil pest-test rata-rata adalah 7,33. Setelah prestest dilakukan kemudian diberikan perlakuan berupa metode story tellingmelalui film animasi, selama melakukan treatment terjadi suatu peningkatan yang terlihat hasil Post-testyang mana rata-rata yaitu14,73. hal ini dapat diketahui bahwa hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,534 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal dan uji homogenitas diketahui nilai signifikansi 0,547 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa nilai bersifat normal. Untuk menguji signifikan dengan cara membandingkan t0 (“t” hitung) dengan tt (“t” tabel). Pada taraf signifikansi diperoleh tt sebesar 0,40 kemudian di bandingkan dengan t0 18,5, maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari pada tt yaitu 18,5 >2,145. Dengan demikian berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara prestest dan posstestdan kelompok sampel. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya Metode story telling melalui film animasi efektif dalam pengenalan bahasa inggris anak di taman kanak-kanak Harapan Bunda Pasaman Barat.