Publikasi IAIN Batusangkar

MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DENGAN BERMAIN PERAN MIKRO DI TK ISLAM TERPADU CENDIKIA KECAMATAN RAO KABUPATEN PASAMAN

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author FEBRIA TAMARA
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:39:12Z
dc.date.available 2022-05-19T08:39:12Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-16
dc.identifier.isbn NIM:1730109014
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200067
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/uRWdzr7xKrwSMZ0EZ2xE44pkcw8OWha.pdf
dc.description.abstract FEBRIA TAMARA, NIM 1730109014, Judul Skripsi: Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Dengan Bermain Peran Mikro Di TK Islam Terpadu Cendekia Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Terbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021. Masalah dalam penelitian ini masih kurangnya perkembangan sosial anak. Hal ini terlihat ketika anak memilih-milih teman saat bermain, anak tidak mematuhi aturan saat bermain, anak belum mampu bekerja sama dan masih ada anak yang tidak menghargai teman. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk perkembangan sosial anak adalah dengan metode bermain peran mikro. Penelitian ini bertujuan untuk menguji metode bermain peran mikro untuk perkembangan sosial anak di TK Islam Terpadu Cendekia Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia dini di TK Islam Terpadu Cendekia Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Sampel penelitian ini adalah anak usia dini usia 5-6 tahun sebanyak 10 orang anak. Hasil menunjukkan bahwa hasil pretes yang peneliti dapatkan dilapangan yaitu (6,7) dengan kategori belum berkembang. Setelah melakukan pretest, peneliti melakukan treatmen sebanyak 4 kali dengan hasil treatmen 1 (7,8) dikategorikan belum berkembang, treatment 2 (9,2) dikategorikan mulai berkembang, treatment 3 (12,7) diketerorikan mulai berkembang, dan treatment ke 4 (19,4) dikategorikan berkembang sesuai harapan. Setelah treatmen kemudian peneliti melakukan posttest dengan hasil (19,7) dikategorikan berkembang sesuai harapan. Perbandingkan besarnya t yang diperoleh dengan perhitungan (t = 43,33) dan besarnya t yang tercantum pada tabel nilai t pada taraf signifikan 5% yaitu 2,26, maka diketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari t yaitu 43,33 > 2,26. Karena t0 lebih besar dari t1 maka hipotesis nilai (h0) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif diterima (ha). Ini berarti bahwa metode bermain peran mikro dapat meningkatkan perkembangan sosial anak di TK Islam Terpadu Cendekia Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan Dasar
dc.subject.ddc 372
dc.subject.ddc 372
dc.title MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DENGAN BERMAIN PERAN MIKRO DI TK ISLAM TERPADU CENDIKIA KECAMATAN RAO KABUPATEN PASAMAN
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku