Abstract:
MUHAMMAD RINALDI. NIM, 1730103041. Judul Skripsi “Strategi kepala sekolah dalam pemeliharaan sarana prasarana di masa pandemi Covid-19 di SMAN 01 Rambatan” Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Tahun 2022. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pemeliharaan sarana prasarana di masa pandemi Covid-19 di SMAN 01 Rambatan, pada pandemi Covid-19 ini banyak sekolah melaksanakan pembelajaran daring, jadi sarana prasarana yang ada di sekolah tidak digunakan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam pemeliharaan sarana prasarana di masa pandemi Covid-19 di SMAN 01 Rambatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 01 Rambatan. Alat bantu yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah berupa handphone, buku catatan, dan pena. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, guru dan siswa SMAN 01 Rambatan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam pemeliharaan sarana prasarana di masa pandemi Covid-19 di SMAN 01 Rambatan adalah sebagai berikut: (1) perencanaan pemeliharaan sarana prasarana, bapak kepala sekolah tidak memutuskan sendiri apa yang akan dia adakan, melainkan melibatkan wakil sarana prasarana dan tata usaha dan guru.(2) pemeliharaan sarana prasarana sekolah, di masa pandemi Covid-19 kepala sekolah tetap melakukan pemeliharaan sarana prasarana seperti biasa, seperti sebelum datangnya pandemi Covid-19 (3) kepala sekolah dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan cara mensosialisasikannya, dan mencontohkannya dengan cara sederhana, bagaimana caranya agar komponen sekolah khususnya peserta didik lebih memahami akan pentingnya memilihara sarana prasarana di lingkungan sekolah 4) kendala yang ditemui kepala sekolah dalam pemeliharaan sarana prasarana adalah, sulitnya menyuruh atau minta bantuan ke peserta didik untuk melakukan pemeliharaan dan pembersihan lingkungan, dikarenakan peserta didik hanya sebagian datang kesekolah, dan sekarang hanya mengandalkan pihak kebersihan.