Publikasi IAIN Batusangkar

PENERAPAN METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI RA AL-HASANAH DHARMASRAYA

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author JUWITA SRI HANDAYANI
dc.date.accessioned 2022-05-19T08:39:28Z
dc.date.available 2022-05-19T08:39:28Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2022-02-16
dc.identifier.isbn NIM:1730109025
dc.identifier.isbn
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.22200073
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/9ng724oUHKnsyLD2MWNjKMxhDES9Ceh.pdf
dc.description.abstract JUWITA SRI HANDAYANI, NIM 1730109025, Judul Skripsi “PENERAPAN METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI RA AL-HASANAH DHARMASRAYA”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2021. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan anak. Terlihat dari anak yang belum menguasai huruf vokal dan konsonan, anak yang sulit membedakan huruf b, d dan q, anak yang ragu-ragu dalam membaca dan metode pengajaran membaca yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di RA Al-Hasanah Dharmasraya setelah diterapkannya metode multisensori. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperiman dengan Pre Eksperimental Design tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa RA Al-Hasanah Dharmasraya dan sampel pada penelitian ini adalah anak kelas B1. Instrumen yang digunakan lembar observasi dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Menggunakan teknik analisis data uji normalis, homogenitas, normalitas gain, dan uji t. Nilai t tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,09 dan hasil penelitian uji hipotesis bahwa to yaitu 33,88 > 2,09 karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil (ho) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. Pada hasil uji N-Gain menunjukkan hasil skor 0,78 yang berada pada 0,70 g 1.00 dengan interpresentasi tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di RA Al-Hasanah Dharmasraya.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Pendidikan Dasar
dc.subject.ddc 372
dc.subject.ddc 372
dc.title PENERAPAN METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI RA AL-HASANAH DHARMASRAYA
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku