Abstract:
ABSTRAK Fiona Asri Fatikha Akmar, NIM. 1730105016 Judul Skripsi “Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Tinggi Peserta Didik di MAN 2 Padang Panjang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya hubungan positif antara kemandirian belajar peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah, namun sejauh ini penelitian yang dilakukan baru melihat secara kuantitatif mengenai pemecahan masalah yang ada pada peserta didik, penelitian hanya fokus pada hasil yang diperoleh peserta didik, belum banyak dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana proses peserta didik dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menggali secara kualitatif mengenai keterampilan pemecahan masalah matematis pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 11 PKPI 1 MAN 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah angket kemandirian belajar, tes keterampilan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data menurut Creswell. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi juga terampil dalam memecahkan masalah matematis. Hal ini terlihat pada hasil tes peserta didik mendapatkan rata-rata sebesar dengan kategori sangat memuaskan untuk setiap indikator keterampilan pemecahan masalah (2) peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi masih kurang terampil dalam memecahkan masalah matematis. Hal ini terlihat pada indikator memahami masalah, peserta didik mendapatkan persentase rata-rata sebesar dengan kategori kurang memuaskan. Pada indikator menentukan rencana penyelesaian, peserta didik mendapatkan persentase rata-rata sebesar dengan kategori cukup memuaskan. Pada indikator melaksanakan rencana penyelesaian, peserta didik mendapatkan persentase rata-rata sebesar dengan kategori memuaskan. Pada indikator memeriksa kembali, peserta didik mendapatkan persentase rata-rata sebesar dengan kategori cukup memuaskan.