Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | HILAN AINI LATIFAH | |
dc.date.accessioned | 2022-05-19T08:40:02Z | |
dc.date.available | 2022-05-19T08:40:02Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2022-02-16 | |
dc.identifier.isbn | NIM:1730107010 | |
dc.identifier.isbn | ||
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/rG1wSOUnPISwtUP8mSUMthmiq36yrAW.pdf | |
dc.description.abstract | ABSTRAK HILAN AINI LATIFAH NIM. 1730107010. Judul Skripsi: ”PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON BERORIENTASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) TERKONEKSI AYAT ALQUR’AN PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X MIPA DI SMA/MA”. Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2021. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran peserta didik yang menganggap bahwa pembelajaran fisika sulit dan media yang tersedia kurang menarik. Akibatnya peserta didik tidak tertarik dengan pembelajaran. Permasalahan ini terjadi karena pendidik belum memanfaatkan teknologi yang ada dan kurang variatifnya pendidik dalam membuat media. Maka dari itu sangat penting dikembangkan video pembelajaran berbasis powtoon berorientasi STEM agar peserta didik dapat mengaitkan materi fisika dengan kehidupan nyata sebagai media pembelajaran. Tidak hanya itu diantaranya lebih mudah mengetahui, memahami konsep pembelajaran dan bisa menyelesaikan kaitan materi usaha dan energi dengan ayat Alqur’an bagi peserta didik. Hal ini lebih mudah dilakukan dan diterapkan karena menggunakan teknologi yang sangat akrab dengan kehidupan peserta didik seperti penggunaan smartphone dan PC. Tujuan dilakukannya penelitian pengembangan ini adalah agar mengetahui validitas dan praktikalitas video pembelajaran berbasis powtoon berorientasi STEM terkoneksi ayat Alqur’an pada materi usaha dan energi kelas X MIPA di SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model 4D (define, design, develop, disseminate), pengembangan video pembelajaran berbasis powtoon ini yang dipakai hanya tiga tahapan saja yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan video pembelajaran berbasis powtoon berorientasi STEM terkoneksi ayat Alqur’an pada materi usaha dan energi kelas X MIPA di SMA/MA. Video pembelajaran ini sudah dilakukan uji coba terbatas pada peserta didik kelas X MIPA 1 MAN 2 Tanah Datar supaya mengetahui respon terhadap kepraktisan dari penggunaan video pembelajaran yang sedang dikembangkan ini. Dari hasil penelitian pada aspek validasi pengembangan video pembelajaran berbasis powtoon berorientasi STEM terkoneksi ayat Alqur’an yang dilakukan oleh 2 orang validator yang merupakan dosen dan 1 orang validator pendidik dengan persentase sebesar 79,37% dan masuk dalam kriteria valid. Hasil uji praktikalitas peserta didik menunjukkan persentase sebesar 85,28% yang berarti sangat praktis. Untuk nilai praktikalitas pendidik memiliki nilai sebesar 85,29% yang menunjukkan arti bahwa video pembelajaran berbasis STEM terkoneksi ayat Alqur’n ini sangat praktis digunakan oleh pendidik saat pembelajaran. Dengan ini dapat disimpulkan video pembelajaran berbasis powtoon berorientasi STEM terkoneksi ayat Alqur’n telah valid, dan praktis. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Fisika | |
dc.subject.ddc | 530.07 | |
dc.subject.ddc | 530.07 | |
dc.title | PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON BERORIENTASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) TERKONEKSI AYAT ALQUR’AN PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X MIPA DI SMA/MA | |
dc.type | Skripsi |