Abstract:
Abstrak. Penelitian ini dilakukan karena hasil observasi lapangan di SAM N 1 Rambatan menunjukkan bahwa sumber belajar yang digunakan oleh peserta didik hanya berpusat pada blended learning, power point atau PPT, dan buku paket. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran biologi berbantuan sparkol videoscribe pada materi sistem reproduksi kelas XI IPA SMA N 1 Rambatan yang valid dan praktis. Metode penelitian ini menggunakan metode penggembangan atau Research and Development (R&D). Menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan (Define, Design, Development and Dissiminate). Media pembelajaran biologi berbantuan sparkol videoscribe ini di validasi oleh 2 orang dosen IAIN Batusangkar dan satu orang guru SMA N 1 Rambatan. Hasil validasi ke tiga validator memperoleh rata-rata 83% kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran biologi berbantuan sparkol videoscribe oleh guru rata-rata memperoleh 86% dengan kategori sangat praktis dan respon peserta didik rata-rata 81% sehingga media pembelajaran biologi berbantuan sparkol videoscribe pada materi sistem reproduksi sangat valid dan sangat praktis untuk diggunakan dalam proses pembelajaran.