Abstract:
ABSTRAK MAI FATMA NASUTION, NIM 1730109029, Judul Skripsi “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK BASO, KABUPATEN AGAM”, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2021. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak. Terlihat dari anak yang belum menguasai konsep angka, membilang tidak sesuai dengan urutan bilangannya, masih banyak anak yang belum bisa mencocokkan angka dengan banyak benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhmetode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berhitung permulaan anak di TK Baso, Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan penelitian kunatitatif metode eksperimen dengan Pre Eksperimental Design tipe one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK Baso Kabupaten Agam dan Sampel pada penelitian ini adalah anak kelas B1. Instrumen yang digunakan instrumen cheklist dengan kategori penilaian belum berkembang, mulai berkembang, berkembang sesuai harapan, berkembang sangat baik, dengan teknik pengumpulan data tes. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta menggunakan uji hipotesis berupa uji t. Nilai t tabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,13 dan hasil penelitian uji hipotesis bahwa t0 yaitu21,205>2,13 karena t0 lebih besar dari t1 maka hipotesis nilai (h0) yang diajukan ditolak dan hipotesis alternatif (ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif teknik Numbered Heads Together (NHT) dapat mempengaruhi kemampuan berhitung permulaan anak di TK Baso Kabupaten Agam. Kata kunci : Kemampuan Berhitung Permulaan, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), Anak Usia Dini.